Pelaksanaan ANBK Tahun 2022

Pelaksanaan ANBK Tahun 2022 di SMA Negeri 1 Bontang berjalan dengan lancar dan di ikuti sebanyak 44 peserta utama dan 1 peserta cadangan.bo

Bontang - ANBK adalah singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer. ANBK diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) sebagai pengganti ujian nasional. Asesmen Nasional atau ANBK adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Program evaluasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

SMA Negeri 1 Bontang pada pelaksanaan ANBK Tahun 2022 ini memilih jadwal Gelombang 2 yaitu pada Rabu 31 Agustus 2022 dan Kamis 01 September 2022 dengan moda semi daring. Pelaksanaan di SMA Negeri 1 Bontang menggunakan 3 (tiga) ruangan yakni Laboratorium Komputer 1 dan 2 serta Laboratorium Bahasa sehingga cukup dialksanakan 1 (satu) sesi perhari. Sementara pesertanya terdiri dari 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan yang keseluruhannya adalah pserta didik kelas XI. Peserta ANBK dipilih secara acak dengan berdasarkan indikator-indikator yang telah disusun oleh penyelenggara pusat dalam hal ini KEMDIBUDRISTEK.

Proses pelaksanaan di SMA Negeri 1 Bontang berjalan dengan lancar baik hari pertama maupun hari kedua walau beberapa hari terakhir ini Kota Bontang sering diguyur hujan di pagi hari dan terkadang mengganggu koneksi internet, di sisi peserta terdapat 1 (satu) peserta utama yang tidak hadir dikarenakan mengikuti seleksi POPNAS di luar kota sehingga digantikan oleh peserta cadangan. Pelaksanaan ANBK Tahun 2022 kali ini tetap menerapkan pengawasan secara silang dimana SMA Negeri 1 Bontang menerima pengawas dari SMA YPK Bontang sementara pengawas dari SMA Negeri 1 Bontang bertugas di SMANDA Bontang.